Agent Tiket

Sabtu, 19 Januari 2013

Istilah-Istilah Internet

Internet saat ini terus berkembang dari tahun ke tahun. Semakin banyak web atau situs atau bahkan barang baru di internet. Sehubungan dengan itu, banyak istilah-istilah yang muncul di internet. Kebanyakan istilah tersebut sangat awam di telinga kita ataupun diucapan kita, terutama bagi yang baru mengenal internet. Banyak dari mereka tidak mengerti apa maksud dari istilah tersebut, apalagi istilah tersebut kebanyakan menggunakan bahasa inggris.

Oleh karena itu, jika kita ingin berselancar di internet, mau tidak mau kita harus mengerti sedikit banyak tentang istilah-istilah internet yang ditelinga orang Indonesia istilah tersebut asing. Berikut ini beberapa daftar istila-istilah internet yang sering muncul di internet namun masih asing bagi orang awam. Jadi, pelajari sedikit banyak agar anda mengerti dan tahu apa yang harus dilakukan jika menemui istilah ini.

Browser Atau Web Browser : Sebuah program yang digunakan untuk menikmati fasilitas internet, contohnya adalah seperti internet explorer, Mozilla Firefx, atau Google Chrome.

URL atau Uniform Resource Locator : yaitu pemberian nama bagi sebuah situs/web/blog, contohnya adalah seperti aingindra.com

Index atau Homepage : adalah sebuah halaman pada saat web/situs pertama kali dibuka. Biasanya berisikan seperti ringkasan situs atau ucapan selamat datang.

Login : yaitu aktivitas yang dilakukan saat ingin memasuki halaman yang membutuhkan izin dari pengguna. Biasanya membutuhkan ID dan password untuk memasukinya. ID : adalah sebuah nama atau angka unik sebagai pengenal.

Password : sebuah urutan atau kombinasi yang dibuat untuk aktivitas login yang biasanya bersifat rahasia.

Download : yaitu proses pengambilan data dari internet untuk dipindah ke komputer kita.

Upload : yaitu proses memindahkan data dari komputer kita untuk di masukkan ke internet.

Spam : adalah sebuah pesan atau tulisan yang tidak kita inginkan. Biasanya bersifat iklan.

Shareware : adalah sebuah program yang bersifat gratis sementara yang dapat kita download. Namun, dengan jangka waktu tertentu, jika kita masih ingin menggunakannya secara berkala, maka kita harus membelinya. Contohnya adalah Anti Virus Kaspersky.

Freeware : adalah sebuah program yang bisa kita dapatkan melalui internet secara gratis tanpa membayar.

Open Source : adalah program yang bisa kita download secara gratis di internet. Lalu kita dapat memodifikasinya untuk keperluan pribadi. Contoh dari program ini adalah Linux.

Captcha : adalah sistem keamanan yang diterapkan untuk menangkal spam. Captcha biasanya berbentuk autentikasi kombinasi angka dengan/atau huruf yang harus dimasukkan kembali.

Chat : adalah sebuah aktifitas berbincang-bincang melalui internet. Install : adalah sebuah aktifitas untuk memasang sebuah program atau perangkat

0 komentar: